Cara Kerja atau Sistem Kerja CMO (Credit Marketing Officer) / SO (Sales Officer) / Surveyor Leasing

loading...


Sebelumnya telah admin bahas tentang tugas dan tanggung jawab CMO (Credit Marketing Officer) Leasing/ Finance/ Pembiayaan, maka sekarang akan dibahas tentang cara kerja atau sistem kerja CMO (Credit Marketing Officer) atau Sales Officer atau Surveyor Leasing/ Finance/ Pembiayaan.

Hampir semua bank, saat ini membuka perusahaan leasing/ finance/ pembiayaan sebagai anak perusahaannya. Mengingat peluang untuk pembiayaan pada sektor otomotif sangatlah besar, ini ditandai juga dengan menjamurnya perusahaan-perusahaan otomotif diikuti juga oleh menjamurnya perusahaan-perusahaan pembiayaan/ leasing/ finance.

Ada satu bagian divisi yang sangat seksi keberadaannya, disamping, posisi kolektor. Mengapa? Karena kedua divisi ini saling berkaitan dan koordinasi di lapangan antar kedua divisi sangatlah diperlukan. Divisi tersebut adalah marketing. Jika di leasing, posisi ini sangatlah beragam, maksudnya adalah cara kerja atau sistem kerja cmo itu macam-macam disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing perusahaan. 

Cara Kerja atau Sistem Kerja CMO (Credit Marketing Officer) / SO (Sales Officer) / Surveyor Leasing

Dan juga gaji CMO itu tidak terbatas pada gaji saja, tetapi juga ada insentif yang diterima dari order atau istilah dilapangan adalah dari banyaknya jualan dan minimnya tunggakan. Semakin banyak jualan dan semakin kecil tunggakan maka insentif CMO juga semakin besar bahkan bisa berlipat-lipat dari gaji pokok cmo bulanan yang diperolehnya.

Pada divisi marketing perusahaan leasing ini ada yang menyebutnya dengan Credit Marketing Officer (CMO), ada yang menyebutnya dengan Sales Officer (SO), ada juga yang menyebutnya dengan Surveyor. Apakah ketiganya berbeda? Tentu saja ada yang berbeda dan ada pula persamaannya. Perbedaan dan persamaannya teletak pada tugas dan tanggung jawabnya sehingga cara kerjanya juga berbeda.


Sales Officer (SO)


Perusahaan pembiayaan yang biasa menyebut bagian marketingnya dengan SO adalah TAF (Toyota Astra Financial Service), ACC (Astra Credit Companies), MTF (Mandiri Tunas Finance) dan lainnya. Sales Officer bertugas untuk mencari order, order ini diperoleh dari sales-sales mobil/motor baru atau juga order dari dealer-dealer mobil/motor bekas. Setelah order diperoleh dan berkas dikumpulkan, maka order tersebut diserahkan kepada surveyor untuk melakukan survey atas order yang masuk.


Surveyor


Tugas dari surveyor adalah melakukan survey dari order yang masuk oleh SO. Setelah berkas diterima, surveyor mengecek apakah konsumen ini baik atau buruk berdasarkan BI Checking, API Checking, dan Internal Checking apakah konsumen ini konsumen lama atau konsumen baru.

Ketika dirasa tidak ada masalah maka selanjutnya, surveyor berangkat survey untuk memastikan alamat rumah, alamat kerja, alamat usaha, suami/istri, kerabat, tetangga, karakter dan melengkapi berkas-berkas yang kurang. Intinya pada saat survey dilakukan adalah untuk memastikan kelayakan dari konsumen yang ingin mengajukan kredit/pembiayaan kendaraan bermotor. Layak atau tidaknya ada pada keputusan awal surveyor sebelum naik ke tingkat yang lebih tinggi.


Credit Marketing Officer (CMO)


Bisa dikatakan CMO adalah gabungan dari surveyor dan sales officer (SO), sebagian besar menggunakan istilah ini untuk divisi marketingnya seperti Adira Finance, MPM Finance, SMS Finance dan lainnya. Selain kedua tugas diatas ada tugas lain yakni menjaga angsuran prematur (1-12) bulan untuk tidak menunggak.

Penggabungan kedua tugas dari sales officer dan surveyor menjadi CMO dirasa lebih efektif dan efisien. Dan juga koordinasi menjadi lebih mudah. Tetapi juga bisa jadi ada keterbatasan-keterbatasan tertentu jika kedua pekerjaan itu menjadi satu. Misalnya, disatu sisi harus survey tetapi disisi lain harus mencari order dan juga harus menjaga angsuran agar stabil.

Kompleksitas dari beragam pekerjaan ini yang menyebabkan CMO harus terlatih dalam mengendalikan dirinya, agar tetap bisa langgeng dilingkungan yang penuh tekanan tersebut. Mengatur waktu, menjaga hubungan baik dengan siapa saja. Karena dirinya adalah marketing perusahaan dan menjadi cermin dari perusahaan yang ia emban.

Baca Juga: Tips Menjadi CMO leasing, Surveyor atau Sales Officer

No comments

Jika ingin berkomentar dan berdiskusi kami sangat menghargai, tetapi jangan memasang link hidup pada kolom komentar jika tidak ingin ditandai spam. Terima kasih atas apresiasinya..

Powered by Blogger.