Tips dan Trik Sales Mobil Dalam Berjualan
loading...
Sebelumnya telah dibahas Cara Menjadi Sales Mobil yang Sukses, Handal, Hebat dan Profesional. Maka kali
ini akan dibahas tentang tips dan trik sales mobil dalam berjualan. Pembahasan kali
ini lebih kepada hal-hal yang teknis dan mudah-mudahan dapat membantu
rekan-rekan sales pemula. Mengapa pemula? Karena yang sudah senior tentu
memiliki pengalaman lebih dan memiliki kemampuan diatas rata-rata. Karna tak
mungkin diatas rata-rata jika tidak mampu menjual sesuai dengan target.
Menjadi sales mobil tentu dituntut untuk mencapai target,
jika tidak target maka siap-siap akan didepak dari perusahaan otomotif yang
mempekerjakannya. Untuk sales mobil, baik itu Toyota, Mitsubishi, Daihatsu, Honda,
Suzuki, Isuzu, Chevrolet, KIA, Hyundai, HINO, Tata dan lainnya tentu memiliki
kebijakan masing-masing perusahaan sesuai target setiap sales.
Disini tips dan trik sales untuk mencari order saya jabarkan
satu per satu dan silahkan dikembangkan jika ada kawan-kawan yang ingin
menambahkannya.
Canvasing
Setiap sales sudah pasti dituntut untuk canvasing. Canvasing merupakan langkah teknis para sales untuk
menyebarkan brosur, nomor kontak dan pengenalan wilayah pemasaran. Pemetaan menjadi
kata kunci dalam menjalankan canvasing. Tanpa mapping wilayah garapan, maka canvasing ibarat menjadi sia-sia.
Kita harus mengetahui karakter masyarakat, letak geografis,
taraf ekonomi, mayoritas pekerjaan dan struktur penduduknya? Mengapa? Jika canvasing
yang dituju adalah wilayah dengan masyarakat ekonomi kebawah tentunya canvasing
menjadi sesuatu yang bisa dikatakan membuang-buang waktu, biaya dan pikiran. Kita
harus tepat dalam memberikan target pemasaran. Siapa yang kita tuju pada wilayah
itu.
Kadar kemampuan orang-orang untuk membelanjakan uangnya pada
kendaraan bermotor jenis mobil tentu adalah mereka pada kalangan menengah
keatas. Itulah mengapa kebutuhan data-data yang disebutkan diatas sangatlah
penting.
Bisa jadi dengan kondisi geografis yang sulit tetapi kadar
ekonominya tinggi karena hasil perkebunan mereka yang lumayan dan mereka
membutuhkan kendaraan siap tempur pada medan yang mereka lalui. Misalnya, untuk
wilayah perkebunan karet dan sawit, dimana areal untuk mencapainya sulit,
tetapi dengan harga karet dan sawit yang bagus pada tahun-tahun sebelum tahun
2014, masyarakatnya tergolong sejahtera. Mereka disamping membutuhkan kendaraan
alat berat seperti truck untuk
mengangkut hasil panen, juga membutuhkan kendaraan pribadi dengan kondisi
jalanan yang sulit.
Tak jarang mereka justru membeli mobil-mobil seperti
Mitsubishi Strada Triton dengan beragam tipe. Mereka jarang memiliki kendaraan
seperti avanza dan xenia karena track yang mereka lalui memang tidak mampu
untuk ditembus kendaraan jenis SUV. Maka dengan kondisi tersebut alangkah lebih
elegan jika kita menawarkan kendaraan sesuai dengan kebutuhan mereka.
Artinya keberadaan kita atau kehadiran kita memang untuk
menjawab kebutuhan mereka. Adapun jenis kendaraan lain adalah hanya sebatas
keinginan. Tidak banyak orang-orang kaya dikampung dengan hasil perkebunan
membeli bukan hanya sebatas kebutuhan saja tetapi juga karena keinginan. Ada,
walaupun tidak signifikan.
Jadi canvasing juga harus cerdas dan tidak sebatas berangkat
dan menyebarkan brosur-brosur dan nomor kontak. Tetapi juga harus kita mapping
terlebih dahulu target pasar yang akan kita tuju. Dengan begitu, jalan yang
dilalui lebih efektif dan efisien.
Memperbanyak Relasi
Relasi disini adalah mereka yang berhubungan dengan penjualan
mobil. Bisa jadi para owner atau PIC dari showroom-showroom mobil bekas adalah
partner yang sangat baik. Mereka adalah penjual juga tetapi bicara masalah kewenangan dan wilayah mereka memiliki
keterbatasan. Untuk mengisi keterbatasan ini maka keberadaan kita sebagai sales
mobil baru adalah sebagai pelengkap jika konsumen mereka membutuhkan mobil
baru. Jadi ada hubungan simbiosis
mutualisme didalamnya.
Selain showroom mobil bekas, relasi yang patut didekati
adalah para makelar mobil. Untuk yang satu ini memang harus pilah-pilah mana
makelar mobil yang baik dan mana makelar mobil yang suka memanfaatkan saja. Ya,
ada makelar yang bertanggung jawab dan ada juga yang tidak, tetapi mereka ini
mampu memberikan referensi penjualan sehingga harus juga diperbanyak relasinya.
Relasi selanjutnya adalah CMO atau Sales Officer atau Surveyor Leasing. Mereka juga patut untuk dijadikan partner. Karena pekerjaan
mereka yang sering turun kelapangan bersama sales kadang-kadang juga memiliki
peluang untuk mendatangkan order. CMO adalah mitra dalam berjualan, karena jika
penjualan kita secara kredit maka CMO-CMO leasing inilah yang akan berjuang
untuk menggoalkan pengajuan kredit konsumen kita.
Pencatatan
Jangan lupa selalu mencatat setiap transaksi yang kita
lakukan. Nomor telpon, alamat, nama dan data
base lainnya menjadi data yang akan sangat berguna untuk kedepan. Data-data
ini akan sangat menjadi harta karun yang berharga. Jangan abaikan setiap pencatatan
yang kita lakukan. Atau jika perlu mintalah pada konsumen kita
referensi-referensi dan nomor-nomor kontak tetangga mereka yang memiliki
kapasitas untuk membeli mobil.
Promosi Dengan Gencar
Promosi adalah sarana yang sangat dibutuhkan oleh seorang sales.
Promosi bisa dilakukan dengan menelpon, mengirim SMS, Broadcast, melalui status pada wall
facebook, twitter dan sarana-sarana media sosial lainnya.
Melalui media cetak dan elektronik juga merupakan sarana
promosi berbayar. Biasanya para sales ketika beriklan di media cetak dengan
porsi besar agar lebih ringan biayanya adalah dengan berkelompok empat sampai
lima orang.
Sarana-sarana tersebut ada yang berbayar dan ada yang gratis,
tinggal sejauh mana dan siapa yang ingin kita sasar untuk tujuan promosi
tersebut. Karena cara ini adalah cara konvensional yang telah diajarkan pada
banyak buku-buku manajemen pemasaran, namun dengan menyesuaikan sarana-sarana
dengan teknologi kekinian. Dijamin, tidak akan ketinggalan.
Kadang juga cara-cara konvensional juga masih sangat relevan
dengan kondisi kekinian. Misal dengan memasang spanduk, banner, stiker dan alat promosi lainnya yang kita tebar pada
wilayah-wilayah tertentu. Dengan asumsi tidak merusak pemandangan dan pada
tempat yang memang diizinkan. Karena jika kedua hal itu tidak kita indahkan
bisa saja justru akan mendatangkan ketidaksimpatian masyarakat setempat.
Itulah sekelumit tentang tips dan trik sales mobil dalam
berjualan. Mudah-mudahan dapat memberikan masukan, saran dan membantu
rekan-rekan yang berprofesi atau akan berprofesi sebagai sales mobil. Sales mobil
adalah salah satu profesi yang menjanjikan, disamping gaji yang besar ada juga
bonus berupa insentif dari kantor dan bonus-bonus lainnya dari rekanan seperti
leasing dan perusahaan-perusahaan lainnya. Siapa yang sukses dan mampu
mengembangkan dirinya pada profesi ini maka ia bisa lebih sejahtera dan
berkembang kedapannya.
Post a Comment