Tips dan Trik Sales Mobil Dalam Berjualan

loading...


Sebelumnya telah dibahas Cara Menjadi Sales Mobil yang Sukses, Handal, Hebat dan Profesional. Maka kali ini akan dibahas tentang tips dan trik sales mobil dalam berjualan. Pembahasan kali ini lebih kepada hal-hal yang teknis dan mudah-mudahan dapat membantu rekan-rekan sales pemula. Mengapa pemula? Karena yang sudah senior tentu memiliki pengalaman lebih dan memiliki kemampuan diatas rata-rata. Karna tak mungkin diatas rata-rata jika tidak mampu menjual sesuai dengan target.

Tips dan Trik Sales Mobil Dalam Berjualan

Menjadi sales mobil tentu dituntut untuk mencapai target, jika tidak target maka siap-siap akan didepak dari perusahaan otomotif yang mempekerjakannya. Untuk sales mobil, baik itu Toyota, Mitsubishi, Daihatsu, Honda, Suzuki, Isuzu, Chevrolet, KIA, Hyundai, HINO, Tata dan lainnya tentu memiliki kebijakan masing-masing perusahaan sesuai target setiap sales.

Disini tips dan trik sales untuk mencari order saya jabarkan satu per satu dan silahkan dikembangkan jika ada kawan-kawan yang ingin menambahkannya.


Canvasing

Setiap sales sudah pasti dituntut untuk canvasing. Canvasing merupakan langkah teknis para sales untuk menyebarkan brosur, nomor kontak dan pengenalan wilayah pemasaran. Pemetaan menjadi kata kunci dalam menjalankan canvasing. Tanpa mapping wilayah garapan, maka canvasing ibarat menjadi sia-sia.

Kita harus mengetahui karakter masyarakat, letak geografis, taraf ekonomi, mayoritas pekerjaan dan struktur penduduknya? Mengapa? Jika canvasing yang dituju adalah wilayah dengan masyarakat ekonomi kebawah tentunya canvasing menjadi sesuatu yang bisa dikatakan membuang-buang waktu, biaya dan pikiran. Kita harus tepat dalam memberikan target pemasaran. Siapa yang kita tuju pada wilayah itu.

Kadar kemampuan orang-orang untuk membelanjakan uangnya pada kendaraan bermotor jenis mobil tentu adalah mereka pada kalangan menengah keatas. Itulah mengapa kebutuhan data-data yang disebutkan diatas sangatlah penting.

Bisa jadi dengan kondisi geografis yang sulit tetapi kadar ekonominya tinggi karena hasil perkebunan mereka yang lumayan dan mereka membutuhkan kendaraan siap tempur pada medan yang mereka lalui. Misalnya, untuk wilayah perkebunan karet dan sawit, dimana areal untuk mencapainya sulit, tetapi dengan harga karet dan sawit yang bagus pada tahun-tahun sebelum tahun 2014, masyarakatnya tergolong sejahtera. Mereka disamping membutuhkan kendaraan alat berat seperti truck untuk mengangkut hasil panen, juga membutuhkan kendaraan pribadi dengan kondisi jalanan yang sulit.

Tak jarang mereka justru membeli mobil-mobil seperti Mitsubishi Strada Triton dengan beragam tipe. Mereka jarang memiliki kendaraan seperti avanza dan xenia karena track yang mereka lalui memang tidak mampu untuk ditembus kendaraan jenis SUV. Maka dengan kondisi tersebut alangkah lebih elegan jika kita menawarkan kendaraan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Artinya keberadaan kita atau kehadiran kita memang untuk menjawab kebutuhan mereka. Adapun jenis kendaraan lain adalah hanya sebatas keinginan. Tidak banyak orang-orang kaya dikampung dengan hasil perkebunan membeli bukan hanya sebatas kebutuhan saja tetapi juga karena keinginan. Ada, walaupun tidak signifikan.

Jadi canvasing juga harus cerdas dan tidak sebatas berangkat dan menyebarkan brosur-brosur dan nomor kontak. Tetapi juga harus kita mapping terlebih dahulu target pasar yang akan kita tuju. Dengan begitu, jalan yang dilalui lebih efektif dan efisien.


Memperbanyak Relasi

Relasi disini adalah mereka yang berhubungan dengan penjualan mobil. Bisa jadi para owner atau PIC dari showroom-showroom mobil bekas adalah partner yang sangat baik. Mereka adalah penjual juga tetapi bicara masalah  kewenangan dan wilayah mereka memiliki keterbatasan. Untuk mengisi keterbatasan ini maka keberadaan kita sebagai sales mobil baru adalah sebagai pelengkap jika konsumen mereka membutuhkan mobil baru. Jadi ada hubungan simbiosis mutualisme didalamnya.

Selain showroom mobil bekas, relasi yang patut didekati adalah para makelar mobil. Untuk yang satu ini memang harus pilah-pilah mana makelar mobil yang baik dan mana makelar mobil yang suka memanfaatkan saja. Ya, ada makelar yang bertanggung jawab dan ada juga yang tidak, tetapi mereka ini mampu memberikan referensi penjualan sehingga harus juga diperbanyak relasinya.

Relasi selanjutnya adalah CMO atau Sales Officer atau Surveyor Leasing. Mereka juga patut untuk dijadikan partner. Karena pekerjaan mereka yang sering turun kelapangan bersama sales kadang-kadang juga memiliki peluang untuk mendatangkan order. CMO adalah mitra dalam berjualan, karena jika penjualan kita secara kredit maka CMO-CMO leasing inilah yang akan berjuang untuk menggoalkan pengajuan kredit konsumen kita.


Pencatatan

Jangan lupa selalu mencatat setiap transaksi yang kita lakukan. Nomor telpon, alamat, nama dan data base lainnya menjadi data yang akan sangat berguna untuk kedepan. Data-data ini akan sangat menjadi harta karun yang berharga. Jangan abaikan setiap pencatatan yang kita lakukan. Atau jika perlu mintalah pada konsumen kita referensi-referensi dan nomor-nomor kontak tetangga mereka yang memiliki kapasitas untuk membeli mobil.


Promosi Dengan Gencar

Promosi adalah sarana yang sangat dibutuhkan oleh seorang sales. Promosi bisa dilakukan dengan menelpon, mengirim SMS, Broadcast, melalui status pada wall facebook, twitter dan sarana-sarana media sosial lainnya.

Melalui media cetak dan elektronik juga merupakan sarana promosi berbayar. Biasanya para sales ketika beriklan di media cetak dengan porsi besar agar lebih ringan biayanya adalah dengan berkelompok empat sampai lima orang.

Sarana-sarana tersebut ada yang berbayar dan ada yang gratis, tinggal sejauh mana dan siapa yang ingin kita sasar untuk tujuan promosi tersebut. Karena cara ini adalah cara konvensional yang telah diajarkan pada banyak buku-buku manajemen pemasaran, namun dengan menyesuaikan sarana-sarana dengan teknologi kekinian. Dijamin, tidak akan ketinggalan.

Kadang juga cara-cara konvensional juga masih sangat relevan dengan kondisi kekinian. Misal dengan memasang spanduk, banner, stiker dan alat promosi lainnya yang kita tebar pada wilayah-wilayah tertentu. Dengan asumsi tidak merusak pemandangan dan pada tempat yang memang diizinkan. Karena jika kedua hal itu tidak kita indahkan bisa saja justru akan mendatangkan ketidaksimpatian masyarakat setempat.

Itulah sekelumit tentang tips dan trik sales mobil dalam berjualan. Mudah-mudahan dapat memberikan masukan, saran dan membantu rekan-rekan yang berprofesi atau akan berprofesi sebagai sales mobil. Sales mobil adalah salah satu profesi yang menjanjikan, disamping gaji yang besar ada juga bonus berupa insentif dari kantor dan bonus-bonus lainnya dari rekanan seperti leasing dan perusahaan-perusahaan lainnya. Siapa yang sukses dan mampu mengembangkan dirinya pada profesi ini maka ia bisa lebih sejahtera dan berkembang kedapannya.

No comments

Jika ingin berkomentar dan berdiskusi kami sangat menghargai, tetapi jangan memasang link hidup pada kolom komentar jika tidak ingin ditandai spam. Terima kasih atas apresiasinya..

Powered by Blogger.