Cara Menjadi Sales Mobil Sukses, Handal, Hebat dan Profesional
loading...
Dunia otomotif semakin hari semakin menjadi-jadi. Setiap hari
banyak dari masyarakat Indonesia yang menambah kendaraan otomotifnya, terutama
mobil, sehingga kondisi ini membuka peluang bagi pekerjaan menjadi sales mobil.
Sales mobil merupakan pekerjaan yang seksi, karena bagian dari divisi ini
merupakan tulang punggung bagi dealer untuk terus menghasilkan pundi-pundi dan
berjalannya roda perusahaan.
Untuk itu dibutuhkan trik dan langkah-langkah untuk menjadi
sales mobil yang sukses, sales mobil yang handal, sales mobil yang hebat dan
sales mobil yang profesional. Untuk mencapai kesuksesan demikian itu dibutukan
ketelatenan, kerja keras, kerja cerdas dan pergaulan yang luas. Seorang sales
adalah orang-orang yang mampu untuk masuk ke segala lini, berbaur dan menjadi
bagian dari para konsumen.
ini adalah langkah-langkah dan trik untuk menjadi seorang sales
mobil yang sukses, handal, hebat dan profesional. Mari ikuti langkah-langkahnya
sebagai berikut:
Pertama, modal pergaulan
Menjadi sales harus gaul. Kalau ga
gaul, bagaimana akan bertemu dengan calon konsumen. Pergaulan yang luas bagi
seorang sales tidak terbatas pada usia, pekerjaan, status dan lingkungannya.
Sales yang gaul memiliki peluang yang cukup besar untuk mendapatkan order
penjualan dari beragam kelompok masyarakat. Ini tantangan yang cukup besar,
bagaimana kita akan bersikap, berlaku dengan kelompok masyarakat yang
berbeda-beda. Percayalah, seorang konsumen lebih percaya kepada orang dekatnya
dibanding orang yang baru dikenal. Inilah kunci modal pergaulan itu. Masuklah
kesegala lini, bicara, bermain, tanpa embel-embel akan menjual.
Mengapa tanpa harus ada embel-embel menjual? Karena
embel-embel menjual adalah sisipan. Misalnya anda adalah sales Toyota, Honda,
Suzuki, Isuzu atau Daihatsu, pakailah pakaian seragam dari Toyota, pakailah
pakaian seragam dari Honda, gunakan keluaran produk Suzuki, Isuzu atau Daihatsu
atau alat-alat lain yang berbau atau mewakili produk anda. Dengan sendirinya
teman-teman anda akan menyadari atau dengan sendirinya teman-teman anda akan
tau anda adalah sales dari salah satu perusahaan otomotif. Dengan tanpa
disadari pergaulan kita merupakan ranah promosi yang tanpa disadari telah
melekat dibenak para konsumen.
Kedua, catat dan agendakan anda akan kemana dan harus apa
Ini penting. Jika hari-hari anda
memiliki tujuan yang tidak pasti maka ini akan membingungkan sendiri. Anda
harus tau target pasar yang mana yang akan dituju. Kemana hari ini dan apa
agenda yang harus dilakukan. Berkunjung dan silaturahmi terhadap orang-orang
seperti showroom mobil second dan makelar-makelar mobil di pangkalan dan bahkan
menjalin hubungan dengan kompetitor juga perlu.
Ketiga, kuasai product knowledge
Pendalaman materi seorang sales
mobil adalah menguasai produk yang akan dijual. Akan terdengar lucu ketika
orang-orang bertanya kepada anda tentang apa yang anda jual jika anda sendiri
tidak memahami seluk beluk barang yang anda jual. Begitu toh?
Misalnya, Toyota mengeluarkan Innova terbaru. Apa kelebihan
innova generasi baru ini dibandingkan dengan innova generasi lama. Apa saja
fitur-fitur yang tidak ada pada innova lama dan saat ini ada pada innova
terbaru.
Begitu juga dengan Honda dengan produk Mobilio, apakah
Mobilio ini lawan yang sepadan dengan avanza, xenia atau ertiga?? Apa saja
kelebihan mobilio yang tidak dimiliki oleh lawan-lawannya pada mobil jenis SUV.
Jika Sun Tzu mengatakan “mengetahui
kekuatan dan kelemahan lawan adalah setengah kemenangan”, artinya perlu
juga kita mengetahui apa saja kelemahan-kelemahan lawan yang bisa menjadi
menambah nilai jual barang yang kita tawarkan. Tetapi pada intinya kita harus memahami
dan menguasai kekuatan apa pada produk yang ingin kita jual. Tanpa memahami
produk yang ingin dijual berarti anda sudah kalah.
Keempat, semua orang adalah orang penting
Jangan sekali-kali meremehkan orang
lain. Semua orang adalah orang penting. Mereka patut mendapatkan pelayanan
prima dari anda. Memang kadang di lapangan kita menemukan orang-orang yang
rewelnya minta ampun, minta ini dan minta itu. Mereka selalu merasa kurang
terhadap apa yang kita berikan. Sabar. Itulah dinamika dilapangan, tidak semua
orang lurus-lurus dan lugu. Tetapi kita tidak boleh mengabaikan mereka dan
menganggap mereka sebagai hambatan dalam menjual.
Saya pernah menemui orang-orang seperti ini, tetapi justru
karena dengan kesabaran dan ketelatenan dalam menghadapinya malahan kedepannya
ia memberikan banyak referensi penjualan. Orang-orang ini justru mendatangkan
rezeki bukan pada saat ini tetapi pada saat yang akan datang juga mereka
memberikan rezeki yang baik bagi kita.
Itulah beberapa langkah strategis untuk menjadi sales mobil
yang sukses, handal, hebat dan profesional. Langkah-langkah ini adalah langkah
dasar untuk melangkah ke tahapan-tahapan berikutnya. Karena banyak hal-hal
teknis lainnya yang akan ditemukan dilapangan yang bisa kita pecahkan dari
pengalaman dan sharing dari pengalaman orang lain.
Baca Juga:
Terimakasih min, keren artikelnya
ReplyDeleteSama-sama, terima kasih sudah mampir mas Kartijan Kartimin..
Delete