Cara Menjadi Sales Mobil Sukses, Handal, Hebat dan Profesional

loading...


Dunia otomotif semakin hari semakin menjadi-jadi. Setiap hari banyak dari masyarakat Indonesia yang menambah kendaraan otomotifnya, terutama mobil, sehingga kondisi ini membuka peluang bagi pekerjaan menjadi sales mobil. Sales mobil merupakan pekerjaan yang seksi, karena bagian dari divisi ini merupakan tulang punggung bagi dealer untuk terus menghasilkan pundi-pundi dan berjalannya roda perusahaan.

Untuk itu dibutuhkan trik dan langkah-langkah untuk menjadi sales mobil yang sukses, sales mobil yang handal, sales mobil yang hebat dan sales mobil yang profesional. Untuk mencapai kesuksesan demikian itu dibutukan ketelatenan, kerja keras, kerja cerdas dan pergaulan yang luas. Seorang sales adalah orang-orang yang mampu untuk masuk ke segala lini, berbaur dan menjadi bagian dari para konsumen.

ini adalah langkah-langkah dan trik untuk menjadi seorang sales mobil yang sukses, handal, hebat dan profesional. Mari ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

Cara Menjadi Sales Mobil Sukses, Handal, Hebat dan Profesional

Pertama, modal pergaulan

Menjadi sales harus gaul. Kalau ga gaul, bagaimana akan bertemu dengan calon konsumen. Pergaulan yang luas bagi seorang sales tidak terbatas pada usia, pekerjaan, status dan lingkungannya. Sales yang gaul memiliki peluang yang cukup besar untuk mendapatkan order penjualan dari beragam kelompok masyarakat. Ini tantangan yang cukup besar, bagaimana kita akan bersikap, berlaku dengan kelompok masyarakat yang berbeda-beda. Percayalah, seorang konsumen lebih percaya kepada orang dekatnya dibanding orang yang baru dikenal. Inilah kunci modal pergaulan itu. Masuklah kesegala lini, bicara, bermain, tanpa embel-embel akan menjual.

Mengapa tanpa harus ada embel-embel menjual? Karena embel-embel menjual adalah sisipan. Misalnya anda adalah sales Toyota, Honda, Suzuki, Isuzu atau Daihatsu, pakailah pakaian seragam dari Toyota, pakailah pakaian seragam dari Honda, gunakan keluaran produk Suzuki, Isuzu atau Daihatsu atau alat-alat lain yang berbau atau mewakili produk anda. Dengan sendirinya teman-teman anda akan menyadari atau dengan sendirinya teman-teman anda akan tau anda adalah sales dari salah satu perusahaan otomotif. Dengan tanpa disadari pergaulan kita merupakan ranah promosi yang tanpa disadari telah melekat dibenak para konsumen.

Kedua, catat dan agendakan anda akan kemana dan harus apa

Ini penting. Jika hari-hari anda memiliki tujuan yang tidak pasti maka ini akan membingungkan sendiri. Anda harus tau target pasar yang mana yang akan dituju. Kemana hari ini dan apa agenda yang harus dilakukan. Berkunjung dan silaturahmi terhadap orang-orang seperti showroom mobil second dan makelar-makelar mobil di pangkalan dan bahkan menjalin hubungan dengan kompetitor juga perlu. 

Ketiga, kuasai product knowledge

Pendalaman materi seorang sales mobil adalah menguasai produk yang akan dijual. Akan terdengar lucu ketika orang-orang bertanya kepada anda tentang apa yang anda jual jika anda sendiri tidak memahami seluk beluk barang yang anda jual. Begitu toh?

Misalnya, Toyota mengeluarkan Innova terbaru. Apa kelebihan innova generasi baru ini dibandingkan dengan innova generasi lama. Apa saja fitur-fitur yang tidak ada pada innova lama dan saat ini ada pada innova terbaru. 

Begitu juga dengan Honda dengan produk Mobilio, apakah Mobilio ini lawan yang sepadan dengan avanza, xenia atau ertiga?? Apa saja kelebihan mobilio yang tidak dimiliki oleh lawan-lawannya pada mobil jenis SUV. Jika Sun Tzu mengatakan “mengetahui kekuatan dan kelemahan lawan adalah setengah kemenangan”, artinya perlu juga kita mengetahui apa saja kelemahan-kelemahan lawan yang bisa menjadi menambah nilai jual barang yang kita tawarkan. Tetapi pada intinya kita harus memahami dan menguasai kekuatan apa pada produk yang ingin kita jual. Tanpa memahami produk yang ingin dijual berarti anda sudah kalah.

Keempat, semua orang adalah orang penting

Jangan sekali-kali meremehkan orang lain. Semua orang adalah orang penting. Mereka patut mendapatkan pelayanan prima dari anda. Memang kadang di lapangan kita menemukan orang-orang yang rewelnya minta ampun, minta ini dan minta itu. Mereka selalu merasa kurang terhadap apa yang kita berikan. Sabar. Itulah dinamika dilapangan, tidak semua orang lurus-lurus dan lugu. Tetapi kita tidak boleh mengabaikan mereka dan menganggap mereka sebagai hambatan dalam menjual.

Saya pernah menemui orang-orang seperti ini, tetapi justru karena dengan kesabaran dan ketelatenan dalam menghadapinya malahan kedepannya ia memberikan banyak referensi penjualan. Orang-orang ini justru mendatangkan rezeki bukan pada saat ini tetapi pada saat yang akan datang juga mereka memberikan rezeki yang baik bagi kita.

Itulah beberapa langkah strategis untuk menjadi sales mobil yang sukses, handal, hebat dan profesional. Langkah-langkah ini adalah langkah dasar untuk melangkah ke tahapan-tahapan berikutnya. Karena banyak hal-hal teknis lainnya yang akan ditemukan dilapangan yang bisa kita pecahkan dari pengalaman dan sharing dari pengalaman orang lain.

Baca Juga: 

2 comments:

  1. Terimakasih min, keren artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, terima kasih sudah mampir mas Kartijan Kartimin..

      Delete

Jika ingin berkomentar dan berdiskusi kami sangat menghargai, tetapi jangan memasang link hidup pada kolom komentar jika tidak ingin ditandai spam. Terima kasih atas apresiasinya..

Powered by Blogger.